Cara Pakai BBM di Android dan iPhone

KOMPAS.com — Tanggal peluncuran aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) versi 1.0 untuk Android dan iPhone tampaknya makin dekat karena BlackBerry telah menerbitkan buku panduan memakai BBM di kedua platform kompetitornya itu.

Seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (23/8/2013), buku panduan itu menjelaskan secara rinci tentang fungsi aplikasi BBM, bagaimana memulai aplikasi, dan berbagai fiturnya. Bagi pengguna yang sebelumnya pernah memakai BBM, tentu akrab dengan penjelasan tersebut.

Klik tautan berikut untuk mengunduh buku panduan BBM di Android dan BBM di iPhone.

http://tctechcrunch2011.files.wordpress.com/2013/08/bbm_for_ios-1-0_user_guide-beta.pdf

http://tctechcrunch2011.files.wordpress.com/2013/08/bbm_for_android-1-0_user_guide-beta.pdf

Sebelumnya, CEO BlackBerry Thorsten Heins mengumumkan bahwa aplikasi BBM akan rilis pada musim panas waktu Amerika Serikat dan Kanada. Awal Agustus lalu, perusahaan telah mempersilakan orang-orang terpilih untuk menjajal aplikasi BBM di Android dan iPhone.

Pada masa kejayaannya, BBM telah mengubah cara seseorang berkomunikasi secara real-time. BBM memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan individu maupun grup. Pengguna dapat mengirim pesan dalam bentuk teks, emoticon, foto, audio, sampai video, termasuk pesan broadcast yang langsung diterima banyak pengguna.

Setiap pengguna BBM akan memilliki PIN dan barcode yang unik. Di profil BBM, mereka dapat mengganti tampilan foto sampai status.

Pada masa mendatang, BlackBerry berjanji mendatangkan fitur-fitur baru BBM untuk Android dan iPhone, termasuk Screen Share, BBM Voice, dan BBM Channel. Dengan ini, BBM akan bersaing dengan aplikasi pesan instan lain, seperti WhatsApp, KakaoTalk, Line, WeChat, Skype, Facebook Messenger, MessageMe, Path, sampai Google Hangouts.