WhatsApp akan ada tambahan fitur “Voice-Messaging”

Sebentar lagi BlackBerry meluncurkan BBM untuk lintas OS, sehingga ini mempercepat WhatsApp untuk “meluncurkan” fitur voice messaging. Fitur voice messaging di WhatsApp bukanlah seperti BBM Voice. Namun lebih ke arah voice note messaging. Jika BBM Voice sudah sama seperti VOIP (voice over internet protocol) Skype yang artinya kita bisa saling berbicara dua arah, maka voice note setara dengan “walkie talkie“.

Pembicara merekam pesannya, lalu mengirimkan ke server WhatsApp. Kemudian penerima akan menerima sebagai file suara yang harus diunduh/download terlebih dahulu sebelum didengarkan. Bila ingin membalas, harus menerapkan prosedur awal tadi dan seterusnya.

Keistimewaan fitur ini adalah tidak terdapat batasan berapa lama suara direkam. Sebenarnya fitur ini sudah terdapat di software WhatsApp sehingga tidak memerlukan update/download versi baru. Hanya saja, WhatsApp belum membuka di sisi server mereka. Secara bertahap, WhatsApp membuka jalur ini karena server WhatsApp dapat diatur kepada nomor mana pembukaan fitur baru dilakukan.

Bagi pengguna BBM atau messaging lainnya, fitur voice note ini bukan barang baru. Jadi ditunggu inovasi lainnya dari WhatsApp untuk memoles fitur baru ini, menjadi berbeda dan unik, khas WhatsApp…

Sumber : AllThingsD &lhaini