Saat banyak orang menantikan kehadiran Q10, BlackBerry justru mengumumkan kelahiran Q5 pada ajang tahunan BlackBerry Live 2013 di Orlando, Amerika Serikat. Memang, sebelumnya wujud Q5 sudah ‘bocor’ dengan nama R10, namun tidak menyangka kalau bakal diperkenalkan kepada publik secepat ini dan ternyata juga hanya dijual di pasar negara-negara berkembang alias tidak di semua negara.

So, sekarang ada 2 BlackBerry di keluarga Q. Bedanya? Sudah banyak diulas di Lhaini dotcom mengenai keduanya. Perbedaan utama yang mesti dipahami adalah pasar yang dituju kedua gadget itu. Saat memahami pasar tujuan Q10 dan Q5, maka kita bakal mengerti sebagian strategi BlackBerry di masa mendatang (Next, baca episode 4/terakhir soal The Future of Q).

Ini dia 2 BlackBerry keluarga Q, saya dempetkan/jejer dari semua sisi:

Tampak depan dan tampak belakang. Terlihat bedanya?  *Foto diambil dan diedit dengan menggunakan Z10.

Tampak depan dan tampak belakang. Terlihat bedanya? *Foto diambil dan diedit dengan menggunakan Z10.

Setiap sisi kedua BlackBerry Q. *Foto diambil dan diedit dengan menggunakan Z10.

Setiap sisi kedua BlackBerry Q. *Foto diambil dan diedit dengan menggunakan Z10.

Jangan tanya soal perbedaan spesifikasi software dan hardware, keduanya pasti berbeda cukup signifikan. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kedua saudara Q tersebut, diantaranya:

  • Dari sisi harga, Q10 lebih mahal pastinya daripada Q5. Kabar menyebut, skala perbedaannya sama dengan penamaannya, yaitu 5:10, 1:2
  • Keduanya memiliki sistem operasi terbaru milik BlackBerry saat ini, yaitu OS10.
  • Kabarnya Q5 dipersiapkan untuk migrasi para pengguna BlackBerry 9790 alias Bellagio. *Untuk yang satu ini, di episode 4 akan saya sedikit paparkan.
  • BlackBerry Q5 memiliki batterai non-removable alias tidak dapat dicopot pasang. Sementara Q10, kabarnya adalah generasi terakhir BlackBerry dengan batterai yang dapat dicopot pasang.
  • Fitur HDR pada Kamera hanya dimiliki BlackBerryQ10, sedangkan Q5 fitur itu tidak ada.
  • Keduanya (baik Q10 dan Q5) dikabarkan bakal memiliki BlackBerry Messanger (BBM) versi 8, dengan sejumlah fitur baru, salah satunya BBM Channel. Juga bakal diiringi dengan kehadiran BBM di iOS dan Android.  
  • Bila bicara soal harga, BlackBerry Q5 bukan perangkat BlackBerry 10 yang termurah, kabarnya bakal ada lagi yang muncul. Yang pasti, BlackBerry sepertinya tengah dalam proses migrasi para pengguna OS 7 ke bawah menuju OS10

Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah semakin jelas roadmap BlackBerry di mata Anda? Siapa saja, dengan platform apa saja dan gadget apa saja, BlackBerry selalu menemani…

Takut tak biasa menggunakan perangkat OS10? Jangan kuatir, BlackBerry menyediakan tips atau fitur how to di setiap smartphone OS10 yang ada.

Lihat bagian 'Learn How'? Ya, tinggal pilih, klik, dan pelajari...

Lihat bagian ‘Learn How’? Ya, tinggal pilih, klik, dan pelajari… *screenshot dari Q5   by Yancen Piris