Tutorial Android : Memindahkan Aplikasi ke SD Card Dengan Move2SD Enabler

Dengan memanfaatkan hak akses root untuk menginstall aplikasi yang membutuhkan hak akses super user. Move2SD Enabler, adalah sebuah aplikasi kecil tapi sangat bermanfaat untuk  semua pengguna perangkat berbasiskan Android yang seringkali dipusingkan dengan bertambahnya beban memori internal perangkat smartphone setelah menginstall aplikasi. Saya juga dari kemarin kebingungan dengan bertambahnya beban memori internal, karena berpengaruh juga dengan kinerja Galaxy Gio milik saya. Ada yang menyarankan menggunakan A2SDGUI, Link2SD, App2SD, dan Move2SD Enabler. Dari keempatnya, yang mempunyai tingkat keberhasilan dan hasil yang optimal ialah Move2SD Enabler (menurut saya lho yaw). Ketika akan mengunduhnya melalui Android Market, ternyata Move2SD Enabler tidak support dengan perangkat saya, entah mungkin karena saya menggunakan Gingerbread. Setelah mencari referensi versi offline’nya, akhirnya dapat juga. Bagaimana cara penggunaannya..??? Yuk simak tutorialnya :

1. Syarat untuk menggunakan aplikasi ini ialah perangkat kita harus sudah di root dulu, kalau belum tau caranya, silahkan baca disini. Kalau belum menginstall aplikasi ini, biasanya aplikasi yang setelah diinstall tidak bisa dipindahkan ke SD Card, dimana tombol untuk Move to SD Card dinonaktifkan oleh sistem.

2. Download dulu MoveSD Enabler versi offline’nya disini.

3. Setelah selesai didownload, ekstrak file Move2SD_Enabler.zip di sembarang tempat.

4. Copy file hasil ekstrak tersebut (Move2SD Enabler.apk) ke SD Card, dan seperti biasa taruh di direktori paling atas agar mudah untuk mencarinya.

5. Sekarang saatnya untuk menginstall aplikasi tersebut, dengan cara masuk ke My File > pilih Move2SD Enabler.apk. Setelah selesai melakukan instalasi, restart perangkat/smartphone.

6. Maka akan muncul icon aplikasi Move2SD Enabler, dan jalankan aplikasinya. Aplikasi ini akan mengharuskan kita mengaktifkan mode USB Debungging dan meminta hak access super user/root, pilih Enable jika kita belum mengaktifkan mode USB Debungging.

7. Setelah itu, pilih I’ve read it > Next. Maka akan muncul 3 pilihan yaitu Auto, Internal, dan External. Pilih yang External dan klik Apply.

8. Selesai sudah proses untuk mengaktifkan fitur Move to SD Card ini. Untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke SD Card, silahkan masuk ke Settings > Applications > Manage Applications. Pilih salah satu aplikasi, maka tombol Move to SD Card akan aktif.

OK deh, sekian tutorial singkat tentang cara memindahkan aplikasi ke SD Card dengan Move2SD Enabler.

Semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang lagi asik mengoprek perangkat Androidnya.

NB : Resiko tanggung sendiri :)