Cara Install Custom ROM CyanogenMod 7.1 di Galaxy Gio

Akhirnya bisa posting lagi di awal tahun 2012 ini, setelah kemarin vakum beberapa hari ngurusin jurnal untuk disetorkan ke kampus. Ouw yaw, selamat tahun baru 2012 untuk rekan-rekan yang setia mampir di blog saya ini. Semoga di tahun yang baru ini kita bisa lebih produktif lagi dan apa yang dicita-citakan di tahun ini bisa tercapai. Nah, di awal tahun ini saya akan posting sedikit pengalaman dan cara instal Custom ROM CyanogenMod 7.1 di Galaxy Gio. CyanogenMod adalah penyedia custom ROM android terbesar untuk saat ini. Tidak dipungkiri, custom ROM hasil oprekan Cyanogen memang ciamik, bikin betah para pemakainya untuk menggeledah semua fitur-fitur yang tidak ada di ROM official resmi dari vendor. Akhirnya setelah menunggu cukup lama ,ada juga custom ROM CyanogenMod untuk Galaxy Gio. Dan tadi malam saya berkesempatan mencicipi CyanogenMod 7.1 RC (release candidate), walaupun sebenarnya versi 7.2 sudah full release. Tapi karena udah terlanjur download+udah jalan 50% lebih, sangat sayang untuk dibatalkan :D , mengingat saya berada dalam level fakir bandwidth. Berikut cara-caranya dan perlu diingat, do with your own risk alias resiko ditanggung sendiri. Cekidot guys :

1. Siapin dulu bahan-bahannya, yaitu CWM (Clock World Mod) dan custom ROM CyanogenMod 7.1 RC for Galaxy Gio. Ini saya dapatkan dari forum xda developer.

FYI, CWM adalah sebuah tool recovery untuk menggantikan recovery bawaan dari android. Fiturnya lebih lengkap, yaitu adanya tambahan untuk backup & restore serta mount storage. Nantinya kita akan melakukan flashing melalui CWM ini.

2. Copy CWM dan Custom ROM yang telah di download ke sdcard dan letakkan di luar folder (/sdcard). Matikan hape dan tunggu hingga ada getaran. Masuk ke mode recovery dengan menekan tombol power+home secara bersamaan, maka akan mucul mode recovery bawaan android. Gunakan tombol volume untuk memilih pilihan yang ada. Pilih instal zip > choose from sdcard > pilih px-cwm-v2.zip. Kemudian taruh pilihan pada Yes, dan klik tombol home. Tunggu hingga muncul pesan Instalation Complete dan pilih reboot now.

3. HaPe akan melakukan restart dan hidup seperti semula. Sekarang saatnya untuk menginstall custom ROM CyanogenMod 7.1 RC. Kembali matikan hape dan kemudian masuk ke mode recovery. Sekarang hape kita sudah menggunakan CWM menggantikan recovery bawaan android.

4. Pilih install zip from sdcard > choose zip from sdcard >pilih px-cm7-RC-3.0_2.zip > Yes. Tunggu hingga muncul pesan Instalation Complete dan pilih reboot now.

5. Jreeeenggg….CyanogenMod 7.1 RC sudah terpasang di hape Android kita. Namun masih ada sedikit masalah, yaitu semua aplikasi google seperti market, gmail, youtube dan lainnya belum terinstal. Kita bisa menambahkan googleaps dengan mendownload source-nya dari situs cyanogen.


6. Download googleaps di http://wiki.cyanogenmod.com/index.php?title=Latest_Version/Google_Apps. Pilih versi untuk cyanogen yang terbaru, yaitu versi 7.xx. Matikan hape dan kembali flash melalui CWM, pilih install zip from sdcard > choose zip from sdcard >gapps-gb-20110828-signed.zip > Yes. Tunggu hingga muncul pesan Instalation Complete dan pilih reboot now.

Pada percobaan yang saya lakukan, saya hampir mengalami bootloop. Tapi syukurnya masih bisa diselamatkan melalui download mode dan saya flash ke ROM aslinya. OK deh, sekian dulu tutorial saya untuk kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang sedang kebingungan untuk mencoba custom ROM CyanogenMod untuk Galaxy Gio.

 

 

Semoga bermanfaat