Smartphone, begitu mendengar kata itu kita pasti akan bertanya “Sistem Operasi(SO) apa yang digunakan?”. Ya, memang smartphone harus didukung oleh SO yang mumpuni. Berikut saya berikan beberapa SO smartphone terbaik yang banyak digunakan saat ini.

1. Android

Untuk saat ini siapa yang tak kenal dengan SO yang satu ini. Android adalah salah satu pemimpin pasar SO smartphone untuk saat ini, yang telah berhasil menggeser kedudukan Symbian.
 
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

2. Symbian

Symbian OS adalah Sistem Operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk digunakan di peralatan bergerak (mobile). Symbian OS banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Symbian dilengkapi dengan framework antarmuka dan pustaka, serta implementasi berbagai tool standar. Symbian Ltd. Paling banyak dipakai pada perangkat besutan Nokia.

3. iOS

iOS adalah sistem operasi Perangkat keras dari Apple. Awalnya dibuat hanya untuk iPhone, iOS kemudian berkembang hingga bisa mendukung perangkat Apple yang lain seperti iPod touch, iPad dan Apple TV. Apple tidak melisensikan iOS untuk digunakan di perangkat keras lain. Hal ini berbeda dengan Android, yang mana kita bisa menemukannya di berbagai merk perangkat genggam.

 
Sistem iOS diturunkan dari Mac OS X, yang oleh karenanya memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix. Antarmuka iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan gerakan multi-sentuh. Respon iOS atas input pengguna bersifat langsung dengan antarmuka yang mengalir halus.

4. BlackBerry

Begitu mendengar BlackBerry kita pasti akan ingat dengan yang namanya BBM, itu adalah salah satu layanan yang dimiliki BB dan yang paling disukai oleh banyak pengguna. Selain itu BB juga memiliki ciri lain yaitu PIN BB, yang yang menjadi identitas dari BB yang digunakan.
 
Sistem Operasi Blackberry dikembangkan oleh perusahan telekomunikasi asal Canada, Reserch in Motion (RIM).  Awalnya produk mereka adalah memproduksi dan layanan penyeranta (pager) dua arah, namun dalam perkembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan perangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-email. Sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-FI. 

5. Windows Mobile

Windows Mobile adalah sebuah sistem operasi ponsel yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan dalam ponsel pintar dan perangkat mobile, namun dikeluarkan untuk pasar tertentu. Windows Mobile nantinya digantikan oleh Windows Phone 7. Pertama kali Windows Mobile muncul sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, sebagian besar perangkat yang menggunakan Windows Mobile memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah dengan menyentuhkannya pada layar.

Akhir-akhir ini banyak diberitakan tentang kerjasamanya dengan nokia dalam membangun Windows Mobile yang lebih baik. Yang mampu menyaingi kedikdayaan Android.